Penemuan Hewan Aneh Menghebohkan Tahun Ini

Hingga saat ini, masih banyak misteri di dunia yang belum terpecahkan, banyak hal-hal tersembunyi yang belum terkuak oleh para ilmuan dan peneliti di seluruh penjuru dunia. Buktinya, belakangan ini telah ditemukan lagi beberapa species baru dan aneh dari jenis tumbuhan dan hewan. Dan kali ini, kami akan hadirkan untuk anda beberapa penemuan hewan aneh dari berbagai belahan dunia. Hewan apa sajakah itu? Mari kita simak bersama!

1. Ular Berkaki

Penemuan Hewan Aneh Terbaru di Tahun Ini

Pada dasarnya ular adalah hewan melata yang tidak mempunyai kaki dan tangan. Mereka bergerak mengandalkan pergeseran struktur tulang dan pergerakan otot yang dinamis. Meskipun demikian, ular dapat bergerak dengan lincah baik itu di darat ataupun di air, bahkan mereka juga pandai memanjat pohon.

Namun ada yang aneh dengan ular yang ditemukan oleh seorang warga di kota Isabela, Philipina bernama Noberto Gambol Jr. Saat sedang membersihkan rumah, ia menjumpai ular yang berada di antara tumpukan kardus. Pada mulanya Noberto mengira ular yang dilihatnya adalah seutas tali tambang. Tanpa pikir panjang Noberto-pun langsung menghabisi ular tersebut hingga akhirnya ular itu tewas. Ketika hendak membuang ular itu, Noberto menyadari ada kejanggalan dengan bentuk ular malang tersebut. Setelah diamati dengan seksama ternyata ular yang baru dibunuhnya mempunyai sepasang kaki. Berita adanya ular berkaki-pun tersebar dengan cepat. Akibatnya, banyak warga yang sengaja datang untuk menyaksikan secara langsung bentuk dari ular aneh yang sekarang sudah tak bernyawa.

Beberapa pendapat muncul sejak ditemukannya ular berkaki tersebut. Ada yang mengatakan bahwa mungkin hewan tersebut termasuk dalam spesies kadal, ada juga yang menyimpulkan kalau terbentuknya kaki pada tubuh ular akibat mutasi genetika. Bagaimanapun para ilmuan menyayangkan karena ular aneh itu sekarang dalam keadaan mati. Biarpun demikian, mereka akan mencoba mencari jawaban guna menguak misteri munculnya sepasang kaki pada ular tersebut.

2. Cacing Aneh Berwarna Hijau

Penemuan Hewan Aneh Terbaru di Tahun Ini

Cacing ini memiliki panjang sekitar 7,9 inch atau sekitar 20 cm. Bahkan menurut laporan orang yang pernah melihatnya, jenis cacing misterius ini memilik panjang hingga 50 meter. Penemuan hewan aneh ini berhasil direkam oleh seorang pria bernama Wei Cheng Jian yang saat itu sedang memancing bersama temannya di pelabuhan di kota Penghu, Taiwan. Setelah merekam cacing berwarna hijau tersebut, ia lalu mengunggah videonya di Facebook dan langsung membuat heboh penghuni jejaring sosial itu.

Beberapa orang menduga cacing aneh tersebut merupakan cacing pita atau nemertea. Cacing pita biasanya bersembunyi di laut daerah tropis dan subtropis. Cacing pita juga terkadang ditemukan di darat, di daerah yang bersuhu dingin dan lembab.

Selain bentuk dan warnanya yang aneh, cacing ini juga mempunyai semacam lidah panjang berwarna merah muda yang dapat menjalar dan berbelok. Lidah merah muda itu digunakan untuk mencari makanan dan menggunakannya untuk melumpuhkan mangsanya.

3. Kelelawar Kuning  Bermuka Babi

Penemuan Hewan Aneh Terbaru di Tahun Ini

Berikutnya datang dari Indonesia, tepatnya dari Desa Kedungsari, Kecamatan Maron, Probolinggo, Jawa Timur. Ditemukan kelelawar aneh berwarna kuning dan mempunyai muka mirip babi.

Adalah Djalil, seorang warga yang telah berhasil menangkap kelelawar aneh tersebut di dalam rumahnya dengan ritual khusus. Djalil menuturkan ketika dia akan pergi ke kamar mandi, tiba-tiba kelelawar itu masuk ke kamar melalui jendela dapur. Kemudian, Djalil langsung melakukan penangkapan.

Warga setempat menyebut kelelawar aneh berwarna kuning cenderung oranye tersebut adalah pok opok atau kelelawar jadi-jadian. Kabar penangkapan kelelawar kuning ini ramai menjadi perbincangan. Alhasil, banyak orang berduyun-duyun untuk melihat kelelawar aneh tersebut.

Melihat kejadian seperti ini, tokoh masyarakat setempat, berharap instansi berwenang (Balai Konservasi Hewan) bersedia meneliti  kelelawar kuning aneh tersebut supaya diketahui jenisnya, sehingga tidak menyesatkan masyarakat karena temuan kelelawar ini dihubungkan dengan cerita mistis.

4. Hiu Ompong

Penemuan Hewan Aneh Terbaru di Tahun Ini

Kembali lagi ke Philipina, seekor hiu dari spesies langka terdampar di pantai Barangay Margondon dalam keadaan sudah tak bernyawa. Banyak sekali warga berkerumun untuk menyaksikan hiu yang mereka anggap aneh itu. Bagaimana tidak, hiu dengan panjang 4,5 meter dan memiliki bobot sekitar 1 ton ini mempunyai wajah yang lucu dan tidak memiliki gigi sama sekali alias ompong. Karena bentuk mulutnya yang besar, maka hiu ompong tersebut dijuluki Megamouth Shark. Rencananya Megamouth Shark akan dibawa ke Phillipines Bureau of Fisheries and Aquatic Resources untuk diteliti lebih lanjut agar dapat melestarikan keberadaannya.

Habitat asli hiu ompong berada di lautan yang tidak terjangkau oleh sinar matahari. Makanan hiu ompong adalah ikan-ikan kecil dan plankton yang ditangkap menggunakan rahangnya yang bercahaya di kegelapan. Sampai saat ini, di Philipina telah ditemukan 15 ekor hiu ompong, sejak terakhir ditemukan pada tahun 1976 silam.

5. Kumbang Jerapah

Penemuan Hewan Aneh Terbaru di Tahun Ini

Kumbang aneh ini berasal dari Madagaskar. Dinamakan kumbang jerapah karena kumbang ini memiliki leher yang panjang mirip seperti jerapah. Panjang leher kumbang jerapah kira-kira 2,5 cm. Leher yang panjang ini digunakan sebagai senjata bertarung mempertahankan wilayah dan juga untuk menarik perhatian betina. Leher kumbang jerapah jantan biasanya lebih panjang 2-3 kali dibanding leher kumbang betina.

Meskipun terlihat aneh dengan bentuknya, namun kumbang jerapah tidak menggigit ketika disentuh. Makanan kumbang jerapah berasal dari jenis daun-daunan. Ketika datang masa bertelur, kumbang betina akan meletakkan telur-telurnya di daun kemudian menggulung daun tersebut dan menjaganya hingga telur mereka menetas.

Itulah beberapa hewan aneh dan unik yang membuat gempar masyarakat yang ditemkan akhir-akhir ini. Kira-kira, hewan aneh apalagi yang menunggu untuk ditemukan? Kita tunggu saja OK!

Tambahkan Komentar Sembunyikan