Inilah Foto-Foto Termahal Di Dunia !

Fotografi merupakan kegiatan seni, dan jenis fotografi sendiri ada bermacam-macam. Karena itu, seorang fotografer harus benar-benar mengerti seni dan jenis fotografi yang ada pada dirinya. Beberapa fotografer profesional membanderol hasil jepretannya dengan harga yang tinggi. Bahkan, ada juga beberapa foto dengan harga selangit. Berikut ini kami kabarkan untuk anda kumpulan foto-foto dengan harga yang fantastis, dan masuk ke dalam kategori foto-foto termahal di dunia.

1. Foto Kentang Ini Dihargai 14,7 Miliar !


Inilah Foto-Foto Termahal Di Dunia !


Mungkin anda tidak akan menyangka jika sebuah foto ini memiliki harga yang cukup fantastis. Bagaimana tidak, dikutip dari Artfido.com, sebuah foto kentang dengan judul Potato #345 (2010), hasil karya fotografer asal Paris Kevin Abosch, terjual dengan  harga € 1,000,000 (Satu juta Euro) atau $ 1,08, atau jika dalam rupiah saat ini kira-kira kira-kira Rp. 14,668,000,000. Pembeli foto kentang ini bahkan tidak melakukan negosiasi dan langsung setuju dengan harga yang ditawarkan Kevin.


2. Untitled 96, Sebuah Foto Dengan Harga 45 Miliar


Inilah Foto-Foto Termahal Di Dunia !

Foto paling mahal berikutnya adalah Untitled 96. Foto ini merupakan hasil karya dari Cindy Sherman, seorang fotografer pada tahun 1981 silam. Foto ini berhasil dijual dengan harga $ 3,9 Juta, atau sekitar Rp 45 Miliar pada tahun 2001. Hal tersebut membuat foto dengan judul Untitled 96 menjadi foto termahal saat itu.

3. Rhein II, Foto Sederhana Seharga 58,3 Miliar 

Inilah Foto-Foto Termahal Di Dunia !















Rhein II adalah foto termahal di dunia dan berhasil mengungguli Untitled 96. Pada lelang tahun 2011, Rhein II yang merupakan karya seniman Jerman Andreas Gursky terjual $ 4,3 juta atau sekitar Rp 58,3 miliar. Andreas diakui sebagai seniman papan atas. Karya pria asal Jeman ini banyak ditampilkan di museum-museum terkenal seperti Museum Tate Modern di Inggris dan Museum of Modern Art di New York.

Mungkin banyak orang menganggap Rhein II adalah foto biasa saja. Tapi ternyata banyak kritikus seni yang memujinya. Mereka mengatakan, sulit menandingi kreasi dari Andreas ini. Butuh waktu lama hingga sebuah foto mampu melebihi karya Andreas. Fotonya terlihat bersemangat, cantik dan tak terlupakan. Kira-kira seperti itulah ulasan yang diberikan Florence Waters, kolomnis seni di Telegraph mengenai Rhein II.

Ken Rockwell, seorang fotografer berpengalaman mengatakan,"Foto ini bernilai adalah karena sebuah seni, bukan sekedar foto. Seniman mungkin memilih untuk berkarya di fotografi, tetapi menjadi seniman adalah yang paling berarti di atas segalanya,"

Andreas sendiri mengaku kalau Rhein II adalah karya kebanggaannya. Andreas sempat memodifikasi Rhein II secara digital, dengan menghilangkan beberapa gambar yang dianggapnya mengganggu dalam foto itu, seperti bangunan pabrik, pejalan kaki dan pe-sepeda.

Rhein II adalah foto dramatis dan merupakan refleksi eksistensi daripada manusia dan hubungannya dengan alam. Sedangkan siapa pembelinya tak terungkap hingga sekarang.

4. Foto Dengan Judul "Phantom" Terjual Seharga 81 Miliar

Inilah Foto-Foto Termahal Di Dunia !


















Setelah “Rhein II” muncul lagi sebuah foto dengan judul “Phantom” yang berhasil dijual dengan harga jual $ 6,5 juta atau sekitar Rp 81 miliar. Phantom merupakan sebuah karya dari fotografer asal Australia, Peter Lik. Foto di beli oleh salah seorang kolektor yang tidak ingin disebutkan namanya.

Phantom diambil di Ngarai Antelope di Arizona, Amerika Serikat. Dalam foto ini diperlihatkan bentuk cahaya yang menyerupai sosok hantu. Walaupun objek-objek di ngarai adalah tempat yang di favoritkan oleh para fotografer landscap, namun tidak banyak orang yang dapat menghasilkan karya seperti yang dihasilkan oleh Peter.

5. Foto Presiden Tiongkok, Xi Jinping - Rp 36.858 Triliun !

Inilah Foto-Foto Termahal Di Dunia !

Jika dilihat, tak ada sesuatu yang istimewa dari pose presiden Tiongkok, Xi Jinping. Namun kalau diperhatikan lebih teliti lagi, anda akan mengetahui apa yang menjadikan foto ini sangat mahal. Foto Xi Jinping yang sedang berkunjung ke Amerika Serikat ditaksir seharga $ 2,5 triliun, atau Rp 36.858 triliun.

Yang membuat foto ini sangat mahal, tampak juga di sana CEO perusahaan raksasa dunia diantaranya Mark Zuckerberg (Facebook), Tim Cook (Apple), dan Jack Ma, miliarder Alibaba asal Hong Kong.

Di barisan pertama, Xi Jinping terlihat didamping para CEO perusahaan digital terbesar dunia baik dari Tiongkok dan Amerika Serikat. Disamping Xi Jinping terlihat CEO Microsoft, Satya Nadela serta Lu Wei yang merupakan eksekutif ternama Tiongkok.

Terlihat juga CEO ternama AS, Tim Cook, Jeff Bezos dari Amazon,. Zuckeberg berdiri paling ujung kiri. CEO Snapchat, Evan Spiegel dan CEO Uber, Travis Kalanick.

Namun yang menarik dari foto ini adalah tak adanya Sundar Pichai, CEO perusahaan mesin pencari dunia, Google. Dan juga dua eksekutif top asal Tiongkok yang juga tak hadir dalam pertemuan tersebut adalah Lei Jun, bos produsen ponsel Xiaomi dan Ren Zhengfei dari Huaweii.

Tambahkan Komentar Sembunyikan