Hewan Langka dan Unik Yang Pernah Ada

Mungkin semua sudah tahu dan mengenal dengan baik hewan-hewan ini. Namun, ada sedikit perbedaan yang membuat mereka terlihat beda dari hewan sejenis. Beberapa ciri fisik dan tingkah laku-lah yang membedakannya, sehingga membuat hewan tersebut menjadi unik.

Berikut adalah hewan langka dan unik yang mungkin belum pernah anda saksikan, atau bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Kelelawar Putih

Hewan Langka dan Unik Yang Pernah Ada

Biasanya kelelawar mempunyai warna yang gelap atau hitam. Namun ternyata ada juga kelelawar dengan warna putih. Spesies ini berasal dari Amerika Tengah dengan bentuk tubuh sangat mungil, dengan panjang maksimal 4,7 cm. Kelelawar putih hanya mengkonsumsi buah-buahan dan biasa hidup diantara dedaunan lebar.

Kelelawar Hidung Pipa


Hewan Langka dan Unik Yang Pernah Ada

Kalau tadi kita melihat kelelawar dengan keunikan dari warnanya, sekarang ada kelelawar unik lainnya dengan keunikan yang terdapat pada bentuk hidung. Jika diperhatikan dengan seksama, wajah kelelawar dengan nama The Nendo Tube-nosed Fruit Bat ini mirip sekali dengan Master Jedi dalam film Star Wars. Kelelawar hidung pipa ditemukan pada tahun 2009 di sebuah hutan yang terletak di Papua New Guinea.

Kodok Pinokio


Hewan Langka dan Unik Yang Pernah Ada

Lain halnya dengan kelelawar yang mempunyai bentuk hidung menyerupai pipa, spesies unik dari jenis kodok juga memiliki bentuk hidung yang tak lazim sebagaimana kodok pada umumnya. Kodok Pinoiko, begitu sebutannya karena kodok tersebut mempunyai hidung yang panjang seperti tokoh boneka kayu, Pinokio. Hidung yang panjang hanya terdapat pada kodok jantan dengan tujuan untuk menarik perhatian kodok betina, dan juga digunakan untuk mencium adanya bahaya.

Monyet Hidung Pesek


Hewan Langka dan Unik Yang Pernah Ada

Ada mancung pasti ada pesek. Begitulah di dunia ini semua diciptakan berpasang-pasangan. Jenis hewan berikut ini merupakan jenis hewan menyusui yang dapat dibilang hewan paling langka di dunia yang pernah ada. Monyet hidung pesek ditemukan pada tahun 2010 di Burma Utara, Myanmar. Dengan bentuk hidungnya yang seperti itu, membuat monyet ini selalu bersin setiap kali turun hujan.

Octopus Dumbo


Hewan Langka dan Unik Yang Pernah Ada

Sekarang kita bealih kepada hewan laut. Hewan dengan nama ilmiah grimpoteuthis, adalah makhluk ajaib yang hidup di laut dalam dan dijuluki dengan nama oktopus dumbo. Dinamakan demikian karena jenis gurita ini memiliki dua sirip yang terletak pada membran antara kakinya, yang terlihat menyerupai telinga gajah terbang, Dumbo yang merupakan tokoh dalam sebuah film animasi.

Sementara sampai di sini dulu, lain kali kalau ada waktu kami sambung kembali. Apabila belum puas membaca sajian hari ini, hewan langka dan unik yang pernah ada, mungkin anda tertarik untuk menengok penemuan hewan aneh yang membuat heboh.

Tambahkan Komentar Sembunyikan